Lagi, Barcelona Incar Bekas Pemainnya Gantikan Luis Enrique

1043

Spekulasi mengenai siapa pengganti Luis Enrique di musim depan kembali bergulir. Jelang pertemuan antara Barcelona dan Juventus di Camp Nou, Kamis (20/4) dinihari, mantan pemain Barcelona ini disebut-sebut akan gantikan manajer asal Spanyol tersebut.

Liga Spanyol  - Lagi, Barcelona Incar Bekas Pemainnya Gantikan Luis Enrique

Spekulasi mengenai siapa pengganti Luis Enrique di musim depan kembali bergulir. Jelang pertemuan antara Barcelona dan Juventus di Camp Nou, Kamis (20/4) dinihari, mantan pemain Barcelona ini disebut-sebut akan gantikan manajer asal Spanyol tersebut.

Berita Transfer, Liga Spanyol – Nama terakhir yang dikaitkan dengan posisi pelatih di Barcelona, adalah mantan pemainnya yang kini jadi pelatih klub Eredivisie, Feyenoord, Giovanni van Bronckhorst. Demikian seperti diklaim Tutto Mercato.

Mantan pemain Timnas Belanda itu pernah memperkuat Barcelona pada tahun 2003 hingga 2007. Dia dinilai bisa berbahasa Spanyol, mengerti bagaimana kota dan klub kebanggaannya, Barcelona, serta cukup berprestasi di Feyenoord.

Pelatih berusia 42 tahun itu mengawali karirnya sebagai pemain pinjaman dari Arsenal selama satu musim, pada 2003/04. Selama itu, gelandang atau bek kiri ini tampil dalam 34 pertandingan dan bukukan satu gol.

Hingga di musim berikutnya, status Van Bronckhorst dipermanenkan Barcelona pada tahun 2004, dan membela Blaugrana hingga 2007. Setelah itu, dia langsung pulang kampung dan membela Feyenoord hingga pensiun di tahun 2010.

Adapun karir melatih Van Bronckhorst diawali sebagai asisten pelatih Timnas Belanda, yang dilanjutkan sebagai asisten pelatih di Feyenoord. Ia baru menjadi pelatih utama klub tersebut pada 2015 lalu.

Sebelumnya asisten Luis Enrique, Juan Carlos Unzue, juga disebut-sebut akan mengisi posisi bosnya jika ia jadi hengkang di akhir musim ini. Namun, Unzue belakangan diberitakan tak percaya diri untuk mengambil alih tampuk kepelatihan di Camp Nou.

Barcelona memang berharap dapatkan pelatih baru yang punya DNA Barcelona di dalam darahnya. Setelah Unzue, mantan pemain Barcelona lainnya, Oscar Garcia, juga masuk daftar kandidat pengganti Enrique di musim depan. Begitu juga dengan pelatih Athletic Bilbao, Ernesto Valverde.

Garcia sebelumnya diberitakan jadi kandidat kuat, karena walaupun usianya baru 43 tahun, ia pernah memperkuat Barcelona (1993-1999) – bahkan mengawalinya di Barcelona B, dan punya pengalaman melatih di sejumlah tim di berbagai negara. Saat ini, Oscar Garcia pun masih mengasuh klub Austria, Red Bull Salzburg.

Selain itu, sebelumnya disebut-sebut pula nama pelatih Everton, Ronald Koeman, dan manajer Tottenham Hotspur, Mauricio Pochettino, sebagai kandidat pengganti Enrique.

LEAVE A REPLY