Legenda Barcelona Tak Salahkan Pep Guardiola

Legenda Barcelona, Ronaldinho, mengaku bertanggung jawab atas kepergiannya dari Camp Nou dan tak salahkan Pep Guardiola.

Legenda Brasil dan Barcelona, Ronaldo de Assis Moreira, atau yang dikenal dengan nama Ronaldinho, ungkapkan keputusannya untuk tinggalkan Barcelona pada 2008 lalu, Ia mengklaim, selalu memiliki hubungan baik dengan Pep Guardiola sebelum akhirnya tinggalkan Nou Camp. Demikian menurut laporan Marca.

Ronaldinho memilih hengkang dari Barcelona setelah lima tahun berkarir di klub tersebut, usai gabung raksasa Catalan itu pada tahun 2003 melalui kesepakatan senilai 29 juta poundsterling atau sekitar Rp520 miliar.

Ronaldinho lakoni musim pertamanya di Eropa bersama Paris Saint-Germain, yang membelinya dari Gremio pada 2001. Ronaldinho lalu ingin ikuti jejak Frank Rijkaard dan putuskan untuk pindah ke AC Milan.

“Saya orang yang putuskan bahwa saya harus tinggalkan Barca pada tahun 2008, dan bukannya Pep Guardiola. Saya telah mencapai target saya di sana, dan saya perlu sebuah perubahan,” ujar Ronaldinho.

“Saya selalu akrab dengan Pep dan saya bekerja dengan saudaranya [Pere] di Nike,” tandas bintang asal Brasil ini.

Setelah tiga tahun bersama AC Milan, di mana Ronaldinho tampil 76 kali di Serie A, playmaker asal Brasil itu kembali ke negara asalnya dan gabung Flamengo, Atletico Mineiro dan Fluminense, serta sempat bermain sebentar di Meksiko bersama Querataro di Liga MX.

Sebagai pemain berstatus bebas agen sejak kepergiannya dari Fluminense pada September 2015, Ronaldinho putuskan untuk pensiun secara resmi pada Februari tahun ini.

Sejumlah pemain dengan nama besar lainnya seperti Philipp Lahm, Francesco Totti, Dirk Kuyt dan Xabi Alonso juga pensiun dari sepakbola profesional pada 2017 ini, dan tandai berakhirnya karir sejumlah ikon nasional.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here