Lionel Messi Lolos dari Penjara Setelah Bayar Denda

Bintang Barcelona, Lionel Messi, berhasil hindari hukuman penjara setelah ia membayar denda atas kasus penggelapan pajak yang dituduhkan kepadanya.

Liga Spanyol  - Lionel Messi Lolos dari Penjara Setelah Bayar Denda

Lionel Messi berhasil menghindari hukuman penjara setelah ia membayar denda sebesar 221 ribu Poundsterling, atau sekitar Rp3,8 Miliar – jumlah yang bisa dikantongi Messi hanya dalam waktu tiga hari di bawah kesepakatan barunya di Barcelona.

Bintang asal Argentina itu rencananya bahkan akan membayar denda yang lebih tinggi, daripada ia menghabiskan masa 21 bulan di dalam penjara.

Messi sebelumnya dinyatakan bersalah pada Mei lalu, karena ia terbukti melakukan kesalahan dalam tiga pelanggaran pajak yang nilainya mencapai sekitar 3,5 Juta Pounds atau sekitar Rp60,27 Miliar di tahun 2007, 2008 dan 2009 silam. Selain itu, Messi juga dinyatakan bersalah terkait pajak hal citra sebesar 8,7 Juta Pounds.

Pemenang lima kali Ballon d’or itu tak mungkin habiskan waktunya di penjara, terutama karena hukum Spanyol telah memutuskan bahwa hukuman apapun di bawah dua tahun dapat dijadikan hukuman dengan masa percobaan.

Ayah Messi, Jorge, awalnya juga dijatuhi sanksi penjara 21 bulan yang sama, sebelum akhirnya dikurangi menjadi 15 bulan. Jorge yang juga bertindak sebagai agen Messi, diganjar pula dengan sanksi denda sebesar 1,1 Juta Pounds.

Messi kini baru saja memperpanjang kontraknya di Barcelona, yang akan berlaku sampai tahun 2021. Kontrak Messi itu dipercaya juga masukkan klausul pelepasan sebesar 264 Juta Pounds atau sekitar Rp4,54 Triliun.

LEAVE A REPLY