Lionel Messi Pemain Terbaik dalam Sejarah LaLiga, Ini Datanya!

396

Megabintang Barcelona, Lionel Messi, jadi pemain terbaik dalam sejarah LaLiga. Ini terungkap sebagai hasil sebuah studi yang dilakukan Pusat Investigasi Sejarah dan Statistik Sepakbola Spanyol.

Liga Spanyol  - Lionel Messi Pemain Terbaik dalam Sejarah LaLiga, Ini Datanya!

Penobatan Lionel Messi sebagai pemain terbaik dalam sejarah LaLiga, bahkan menempatkan bintang Barcelona asal Argentina itu di atas Raul Gonzalez, Ronaldo de Lima dan Alfredo Di Stefano.

Dalam studi yang dilakukan Pusat Investigasi Sejarah dan Statistik Sepak Bola Spanyol (Centro de Investigaciones de Historia y Estadística del Fútbol Español/CIHEFE) itu, mantan striker Real Madrid Raúl Gonzaléz (1994-2010) jadi pemain terbaik kedua.

Disusul nama mantan pemain Barcelona César Rodriguez (1941-1960), mantan pemain Athletic Bilbao Telmo Zarra (1940-1957) dan Enrique Castro ‘Quini’ , Yang bermain untuk Sporting Gijón dan Barcelona antara tahun 1968 dan 1987.

Studi yang didasarkan pada serangkaian data, termasuk jumlah menit yang dimainkan para pemain tersebut dalam satu musim, gol yang dicetak dalam open play, penalti dan gol bunuh diri serta catatan pengusiran keluar telah didata oleh penelitinya, José Antonio Ortega. Hasilnya, penyerang mungil asal Argentina itulah yang menempati puncak hasilnya.

Peneliti itu juga mengatakan, ‘semua evaluasi dihitung dengan sistem penilaian yang sederhana dan homogen, yang mengevaluasi pemain dengan analisis yang sama di semua musim’.

Sejak hari pertama Liga Spanyol digelar hampir 90 tahun lalu, tepatnya 86 musim, 9.280 pemain telah memiliki catatan dalam kompetisi itu, plus 854 orang penjaga gawang. Dalam studi itu, Messi terus naik ke peringkat teratas karena berbagai alasan. Salah satunya, karena dia jadi satu-satunya pemain yang mengantongi lebih dari 400 gol – walau dia dipercaya telah mengoleksi 349 gol sejauh ini.

Liga Spanyol  - Lionel Messi Pemain Terbaik dalam Sejarah LaLiga, Ini Datanya!

Menurut Ortega, Messi kantongi 545 poin, sementara Raúl 528 poin, Caesar 524 poin, Zarra 493 poin dan Quini 488 poin, dengan 10 besar dibulatkan oleh Juan Arza yang punya 481 poin, Alfredo Di Stéfano juga 481 poin, Paco Gento 467 poin, Carlos Alonso ‘Santillana’ 464 poin dan Guillermo Gorostiza dengan 454 poin.

Ortega menunjukkan, Messi punya ‘teknik, ambisi, bakat dan kemampuan’ untuk mendorongnya ke posisi teratas dalam daftar itu, serta membuatnya menjadi pemain paling berharga di liga.

Di antara para pemain aktif, Ronaldo berada di urutan berikutnya di posisi 17 dengan 415 poin. Dia jadi pencetak gol terbanyak kedua dengan 285 gol, dan di bawahnya adalah pemain aktif asal Athletic Bilbao, Aritz Aduriz, di posisi ke-67 yang kantongi 314 poin dan telah mencetak 146 gol.

LEAVE A REPLY