Luis Enrique Segera Tinggalkan Barcelona?

Spekulasi mengenai masa depan pelatih Barcelona, Luis Enrique, muncul lagi. Ia kembali dikabarkan akan tinggalkan Camp Nou dalam waktu tak lama lagi. Apa pasal?

Liga Spanyol  - Luis Enrique Segera Tinggalkan Barcelona?

Spekulasi mengenai masa depan pelatih Barcelona, Luis Enrique, muncul lagi. Ia kembali dikabarkan akan tinggalkan Camp Nou dalam waktu tak lama lagi. Apa pasal?

Adubola.com – Ini berawal dari sikap Enrique yang menolak untuk menjawab pertanyaan  soal masa depannya di Barcelona. Akibatnya, spekulasi kembali berkembang dan pelatih asal Spanyol itu disebut-sebut akan pergi pada akhir musim ini, tepat ketika kontraknya di Catalan selesai.

Pelatih itu menolak untuk berkomentar ketika ditanya, apakah ia merasa para pemainnya ingin ia bertahan di Camp Nou. Saat itu, Enrique tengah berbicara terkait persiapan skuadnya hadapi laga leg ke dua perempatfinal Copa de Rey kontra Real Sociedad.

Dia juga mengabaikan pernyataan mengenai asistennya, Juan Carlos Unzue, yang kabarnya telah ditunjuk Luis Enrique sebagai kandidat pertama penggantinya nanti. “Pertanyaan itu tidak ada hubungannya dengan pertandingan besok,” demikian kilah Enrique terkait pertanyaan tersebut.

Enrique yang juga mantan gelandang Barcelona dan Timnas Spanyol itu, telah persembahkan banyak trofi selama dua setengah tahun dirinya bertugas di Camp Nou gantikan Gerardo Martino pada 2014 lalu. Trofi ini termasuk gelar juara liga dan Copa del Rey, maupun gelar juara Liga Champions di tahun 2015.

Pada tahun 2014 lalu, Enrique teken kontrak dua tahun, dan memperpanjangnya setahun lagi pada tahun 2015, setelah Barca kalahkan Juventus, 3-1, di final Liga Champions yang digelar di Berlin, Jerman.

Sejauh ini, media massa di Spanyol melaporkan, asistennya, Unzue, yang juga mantan kiper tim reserve Barcelona, jadi favorit pengganti Enrique. Unzue juga pernah menjadi asisten Luis Enrique di Celta Vigo dan sering terlihat memberi arahan dari pinggir lapangan di beberapa pertandingan.

Kandidat lainnya adalah pelatih Athletic Bilbao, Ernesto Valverde, yang juga mantan penyerang Barcelona dan pelatih Sevilla, Jorge Sampaoli. Sampaoli dinilai sukses mendongkrak prestasi Sevilla ke peringkat dua La Liga saat ini, satu posisi di atas Barcelona, setelah mengantongi 42 poin dalam 19 pertandingan yang sudah mereka lakoni.