Mengapa James Rodriguez Dipinjamkan Semurah Itu?

James Rodriguez kembali memperoleh hinaan Real Madrid dengan rendahnya harga peminjamannya ke Bayern Munchen. Cuma sekelas pemain apa tuh.

Liga Spanyol  - Mengapa James Rodriguez Dipinjamkan Semurah Itu?

Tanda tanya soal posisi sebenarnya James Rodriguez di mata Real Madrid dan manajer Zinedine Zidane semakin jelas.

Pada final Liga Champions awal bulan Juni lalu di Wales, Zidane mencoret nama James. Dia bahkan tak masuk daftar pemain cadangan Real Madrid untuk pertandingan sepak bola paling penting di Eropa tersebut.

Kini Los Blancos seperti mengumumkan betapa tak berharganya James di mata mereka setelah meminjamkannya ke Bayern Munchen untuk periode dua tahun dengan harga yang sangat rendah.

Pemain Kolombia yang menjadi top scorer Piala Dunia 2014 di Brasil itu dipinjamkan selama dua tahun dengan harga 9 juta pound saja, atau setara Rp 154,6 Milyar. Itu berarti harganya berkisar Rp 75 Milyar saja per tahun. Pemain kelas apa yang memperoleh nilai sekecil itu?

Dan kemudian jika Bayern Munchen memutuskan untuk mempermanenkan James di tahun ketiga maka mereka hanya diwajibkan membayar 31 juta pounds saja atau setara Rp 532,5 Milyar saja, cuma setengah harga yang dibayarkan Real Madrid saat mendatangkannya dari AS Monaco tahun 2014.

Pada waktu itu Los Blancos dipaksa membayar sampai Rp 1,08 Trilyun. Atau dengan kata lain Bayern Munchen boleh uji coba dua tahun dengan harga murah, lalu kemudian membeli dengan harga setengah dari yang pernah dibayarkan Real atasnya. Jika tak mau permanen, silakan kembali. Total biaya sewa ya rendah sekali seperti disebut di atas.

Playmaker Real Madrid tersebut hari ini menandatangani kontrak dengan Bayern Munchen dalam kesepakatan pinjaman berdurasi dua tahun – sebuah langkah yang mempertemukannya kembali dengan manajer Italia, Carlo Ancelotti.

Rodriguez akan menjalani sejumlah tes medis dengan raksasa Jerman tersebut sebelum menyelesaikan kepindahannya ke Allianz Arena – dalam sebuah kesepakatan yang bisa menghabiskan biaya hingga Rp 686 Milyar.

Bayern juga akan memiliki opsi untuk membeli pemain internasional Kolombia itu secara permanen pada akhir kesepakatan pinjaman pada 30 Juni 2019.

Dia akan menjadi anggota skuad Bayern yang berangkat pada hari Minggu malam untuk tur pra-musim selama 12 ke China dan Singapura.

Selama satu musim James dan Ancelotti bersama-sama di ibukota Spanyol, mereka memenangkan Piala Super UEFA dan Club World Cup.

Namun, menyusul pemecatan Ancelotti di tahun 2015; Rodriguez melihat pengaruhnya di Santiago Bernabeu berkurang.

Di bawah Rafa Benitez dan terutama bos Zinedine Zidane saat ini, Rodriguez menemukan dirinya kalah penting di belakang Cristiano Ronaldo, Gareth Bale, Isco, Lucas Vasquez dan Marco Asensio di lini tengah maupun lini serang.

Hal ini terjadi meskipun Rodriguez memenangkan tujuh penghargaan utama bersama Real – termasuk dua kemenangan Liga Champions berturut-turut (2016 dan 2017) serta juara La Liga musim lalu.

Secara keseluruhan, gelandang tersebut mencetak 36 gol dan memberi 41 assist dalam 111 penampilan untuk raksasa Spanyol tersebut.

LEAVE A REPLY