Lionel Messi vs Cristiano Ronaldo: Rivalitas Tanpa Akhir

Dua pemain yang tak akan pernah berhenti bersaing untuk saling bertarung mencapai level yang lebih tinggi, adalah Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Liga Spanyol  - Lionel Messi vs Cristiano Ronaldo: Rivalitas Tanpa Akhir

Penampilan perdana Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi di Liga Champions musim ini, kembali hanya berfungsi untuk pastikan bahwa mereka jauh lebih baik dari yang lainnya.

Messi mencetak gol ganda ke gawang Juventus. Sedangkan Ronaldo, ‘membalasnya’ dengan dua gol lagi di Santiago Bernabeu.

Di luar perdebatan abadi apakah pemain asal Argentina yang lebih baik daripada bintang asal Portugal dan sebaliknya, kenyataannya kedua pemain itu tetap bertahan dalam pertarungan di lapangan, dengan angka-angka fantastis sebagai cerminan kualitas mereka.

Ronaldo kantongi 107 gol di Liga Champions sejauh ini, sementara Messi bukukan 96 gol di ajang yang sama. Gol-gol itu termasuk pertandingan pada Kamis (14/9), di mana CR7 telah memainkan 141 pertandingan di Liga Champions, mencetak satu gol setiap 114 menit.

Angka-angka Messi tidak jauh tertinggal, karena ia mainkan lebih sedikit pertandingan dibandingkan rivalnya tersebut. Tapi, dengan persentase gol yang lebih tinggi, yakni satu gol setiap 100 menit.

Tak hanya berjuang untuk menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa di Liga Champions, tapi keduanya juga catatkan rekor baru. Ronaldo misalnya, kini mencetak dua gol di satu pertandingan lebih banyak, yakni 30 kali, dibandingkan Messi dengan 27 kali.

Di La Liga, itu sama saja. Messi telah mainkan 385 pertandingan, mencetak total 354 gol atau satu gol setiap 87 menit. Ronaldo mencetak 285 gol dalam 265 pertandingan, atau satu gol setiap 80 menit.

Liga Spanyol  - Lionel Messi vs Cristiano Ronaldo: Rivalitas Tanpa Akhir

Sedangkan untuk assist, bintang Barcelona tu jauh lebih unggul dari Ronaldo. Dia sudah bukukan 160 assist, sementara Cristiano 90 assist.

Di pentas internasional, kapten Portugal itu telah mainkan 145 pertandingan dan mencetak 78 gol. Sementara sang kapten Argentina telah wakili negaranya pada 118 kesempatan, dan mencetak 58 gol.

Kehadiran mereka selalu diperlukan di skuad Real Madrid dan Barcelona. Ada anggapan bahwa tim mereka menjadi tidak sama jika kedua pemain itu tidak bermain. El Real bakal kehilangan Ronaldo saat dia absen dari starting line-up, begitu juga dengan Messi.