Pelatih Barcelona Kembali ke Celta Vigo

Alih-alih tetap bersama Barcelona musim depan, pelatih ini malah dikabarkan akan kembali ke klub lamanya, Celta Vigo.

Alih-alih tetap bersama Barcelona musim depan, pelatih ini malah dikabarkan akan kembali ke klub lamanya, Celta Vigo.

Berita Bola, Liga Spanyol – Sebelumnya asisten pelatih Barcelona, Juan Carlos Unzue, disebut-sebut bakal gantikan Luis Enrique yang akan mundur di akhir musim ini. Namun, kabar terakhir menyebutkan, bukan Unzue yang akan  jadi pelatih kepala Blaugrana.

Unzue malah diberitakan akan kembali ke Celta Vigo. Ia jadi kandidat utama pengganti Eduardo Berizzo pada musim panas mendatang. Demikian seperti diberitakan Cadena SER.

Saat di Celta, Unzue juga menjadi tangan kanannya selama musim 2013/14. Namun, ketika Enrique hengkang ke Camp Nou, Unzue pun ikut bersama pelatih Asturia itu ke Barcelona.

Meski demikian, dengan akan mundurnya Enrique, pelatih berusia 50 tahun itu langsung masuk bursa calon pelatih Barca. Namun, ia menolaknya dengan alasan belum siap. Sementara itu Berizzo akan bebas tinggalkan Celta pada 30 Juni mendatang, karena sampai saat ini, tak ada tawaran kontrak baru yang diterima pelatih itu.

Unzue sudah disebut-sebut jadi kandidat pengganti Luis Enrique di Barcelona. Posisinya sebagai asisten pelatih rupanya membuat ia percaya diri bisa gantikan bosnya sendiri.

Kabar dari Spanyol menyebutkan, asisten manajer itu, Juan Carlos Unzue, terlihat bersemangat saat namanya disebut sebagai calon pengganti Luis Enrique di Barcelona. Barangkali, akhirnya, dia merasa tidak sedang bermimpi mengenai hal itu. Unzue juga dikabarkan yakin, klub cukup mengakui kemampuannya dan akan memberinya kesempatan.

Saat ini, Unzue diberitakan tengah persiapkan dirinya mengambil alih tantangan tersebut. Ia juga diberitakan telah mengatakan kepada orang-oang di sekitarnya, dia akan sangat kecewa jika Barca tak memilihnya. Unzue sebenarnya selalu tampil sederhana dan obyektif, tapi tampaknya ia harus mengerti juga bahwa semua kandidat pengganti Enrique harus sesuai dengan tuntutan yang diminta klub.

Unzue juga mengerti benar, untuk mengambil alih Barcelona akan dibutuhkan perubahan ‘chip’, dan bukannya sekedar transformasi, tetapi juga penyesuaian. Selama ini, Unzue dikenal sebagai asisten Enrique yang juga seorang pekerja keras dan tempat Enrique berdialog mengenai banyak hal.

Tapi, dia juga harus memahami cara untuk dapatkan rasa hormat di ruang ganti, melalui tindakan dan bukan sekedar kata-kata. Lalu, tentu saja, hasil di lapangan akan tentukan kualitasnya bersama skuad Barcelona.

Unzue pernah menyerap ide-ide Pep Guardiola saat ia jadi asisten pelatih yang kini mengasuh Manchester City itu, dan kini Luis Enrique. Dua pelatih Barcelona ini dikenal berhasil persembahkan memenangkan treble.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here