Pertama Kalinya dalam 96 Tahun, Alaves ke Final Copa del Rey

Untuk pertama kalinya dalam 96 tahun sejarah klub tersebut, Deportivo Alaves berhasil melaju ke final Copa del Rey musim ini.

Untuk pertama kalinya dalam 96 tahun sejarah klub tersebut, Deportivo Alaves berhasil melaju ke final Copa del Rey musim ini.

Adubola.com –  Alaves menang tipis 1-0 atas Celta Vigo di leg ke dua semifinal Copa del Rey, Kamis (9/2) dinihari tadi. Di leg pertama lalu, kedua tim bermain imbang 0-0.

Gol semata wayang dalam laga itu sendiri dibukukan Edgar Antonio Mendez, saat pertandingan tersisa delapan menit lagi. Celta pun tak mampu membalasnya, dan Alaves melenggang ke final dengan keunggulan agregat, 1-0.

Ini jadi momen bersejarah bagi tim yang dijuluki Babazorros itu. Pasalnya, klub yang berdiri pada 1921 itu baru pertama kalinya dipastikan akan bertarung di final kompetisi Piala Raja Spanyol.

Di final, tim promosi Alaves akan bertemu raksasa asal Catalan, Barcelona, yang sebelumnya menang atas Atletico Madrid. Kedua tim dijadualkan menggelar laga final pada 27 Mei 2017.

“Kami berhasil mencetak sejarah hari ini. Dan nanti, di final Mei nanti, kami akan berusaha kuat untuk menang,” tandas kapten Alaves, Manu Garcia, usai pertandingan kontra Celta Vigo.

Meski tim promosi, Alaves yang asal Basque itu pernah kalahkan Barcelona 2-1 di Camp Nou pada awal musim ini. Kedua tim rencananya akan bertemu kembali di ajang LaLiga, Sabtu (11/2) pekan ini.

Sebelum promosi ke LaLiga pada musim ini, Alaves sudah 10 tahun berlaga di Divisi Segunda -bahkan empat tahun di antaranya sempat merumput di tier tiga kompetisi sepakbola di Spanyol.