Habis Ratusan Juta, Barca Masih Cari Pengganti Xavi

410

Barcelona sudah dua setengah tahun mencari pengganti Xavi Hernandez. Dan, setelah sekian lama, dan banyaknya dana yang terkuras untuk itu, El Barca mengaku belum berhasil temukan pemain yang ‘mirip’ dengan pahlawannya itu.

Liga Spanyol  - Habis Ratusan Juta, Barca Masih Cari Pengganti Xavi

Barcelona sudah dua setengah tahun mencari pengganti Xavi Hernandez. Dan, setelah sekian lama, dan banyaknya dana yang terkuras untuk itu, El Barca mengaku belum berhasil temukan pemain yang ‘mirip’ dengan¬†pahlawannya itu.

Adubola.com – Awalnya, Barca habiskan lebih dari 90 juta Euro atau sekitar Rp1,3 Triliun untuk datangkan lima pemain yang dikira bisa tampil seperti Xavi, tapi ternyata malah punya penampilan yang tak konsisten.

Lalu, 30 juta Euro atau sekitar Rp423 Miliar lainnya saat Barca mecoba datangkan Cesc Fabregas, yang semula diperkirakan akan jadi satu lagi gelandang terbaik dalam sejarah Barca.

Xavi tinggalkan Camp Nou setelah Barcelona menangkan treble di musim 2014/15. Ia pindah ke klub Qatar, Al-Sadd, setelah habiskan 17 musim di tim inti Barcelona dan menangkan 25 gelar juara, termasuk empat gelar di Liga Champions dan delapan gelar juara LaLiga. Dia tinggalkan tim yang seakan menjadi yatim-piatu setelah kepergiannya, karena Xavi-lah yang telah membuat Blaugrana jadi tim terbaik sepanjang masa.

Satu tahun sebelum Xavi akhirnya putuskan hengkang, Barcelona alami musim buruk bersama pelatih Tata Martino.

Barcelona pun datangkan dua gelandang sentral untuk mengambil alih posisinya, yakni Ivan Rakitic dan Rafinha. Bintang Kroasia itu dibeli seharga 18 juta Euros dengan tiga juta Euro insentifnya. Sementara Rafinha, dipanggil pulang dari klub yang meminjamnya, Celta Vigo.

Saat Xavi pergi, secara kebetulan Barcelona terkena sanksi embargo pemain dari FIFA. Mereka datangkan Arda Turan dengan ongkos 34 juta Euro, plus tujuh juta Euro pengeluaran lainnya, untuk pemain yang hanya bisa dimainkan setelah Januari 2016. Turan merupakan mantan pemain Atletico, yang disebut-sebut punya penampilan terbaik sebagai winger dan nyaris hengkang ke China.

Begitu juga saat Barcelona dapatkan Andre Gomes maupun Denis Suarez dengan harga tak murah -khususnya untuk pemain asal Portugal, Andre Gomes. Sampai saat ini, keduanya diyakini tak bisa tampilkan permainan terbaiknya, apalagi untuk bisa dikatakan layak menjadi pengganti Xavi.

 

LEAVE A REPLY