Real Madrid Tak Ijinkan Final Copa del Rey di Bernabeu

Keinginan Barcelona untuk berlaga di Santiago Bernabeu dalam final Copa del Rey melawan Deportivo Alaves, Mei mendatang, tampaknya tak akan kesampaian.

Keinginan Barcelona untuk berlaga di Santiago Bernabeu dalam final Copa del Rey melawan Deportivo Alaves, Mei mendatang, tampaknya tak akan kesampaian.

Adubola.comReal Madrid tegaskan, Barcelona dan Alaves tak akan bisa menggelar laga final Copa del Rey di Santiago Bernabeu. Alasannya, di bulan yang sama, akan ada perbaikan konstruksi di stadion tersebut.

Dijelaskan presiden Real Madrid, Florentino Pérez, laga final Copa del Rey antara Barcelona dan Alavés pada 27 Mei, tak akan bisa digelar di Bernabeu. Ini semata karena sedang berlangsungnya pengerjaan konstruksi di stadion itu.

“Tidak ada ada peluang untuk mainkan final Copa antara FC Barcelona dan Alaves di Santiago Bernabeu, karena akan ada pekerjaan konstruksi di sana. Tidak ada alasan lain,” tegas Florentino Perez dalam peluncuran buku mengenai Real Madrid ‘La Undécima, the European SuperCup, and the Club World Cup’.

Sebelumnya diberitakan, sampai saat ini belum ada kesepakatan mengenai lokasi final Copa del Rey musim ini. Hal serupa terjadi pula di tahun-tahun sebelumnya, di mana ketika sudah ada dua tim finalis, panitia baru sibuk mencari di stadion mana laga final tersebut akan digelar.

Di Spanyol, venue untuk gelaran final Copa del Rey tak langsung diputuskan panitia. Mereka biasa menunggu sampai detik-detik terakhir -atau setelah dua tim lolos ke final- baru mencari stadionnya. Dan, selama ini tim-tim finalis itulah yang akan tentukan di mana mereka mau bertanding.

Ini berbeda dengan final Liga Champions maupun Liga Europa, di mana venuenya bahkan telah ditentukan beberapa tahun sebelumnya. Di Inggris, contohnya, mereka punya Stadion Wembley yang bisa digunakan untuk event serupa final Piala EFL atau Piala FA.

Seperti tahun-tahun sebelumnya pula, kedua finalis saling berebut ajukan calon venue mereka. Kini, Barcelona usulkan Santiago Bernabeu sebagai venue final Copa del Rey saat ini. Sedangkan Alaves, meminta agar RFEF ijinkan final Copa del Rey musim ini tersebut digelar di San Mames. Alasannya, lebih dekat untuk fans mereka.

Selama ini, Bernabeu yang terletak di tengah-tengah Spanyol selalu dinilai lebih masuk akal untuk dijadikan venue final Piala Raja. Tapi, Madrid tidak mau meminjamkannya saat Barcelona yang berhasil melaju ke final pada tahun 1997 silam. Tetapi, ketika final kala itu tetap digelar di Bernabeu dan Barcelona menang, himne Cule pun menggema di kandang Real Madrid tersebut.

Sejauh ini, RFEF siap untuk gunakan Vicente Calderon, yang memang sudah ditawarkan Atletico Madrid. Sementara sebagai alternatif, RFEF memilih Stadion Mestalla, yang sudah tiga kali menjadi lokasi final Copa del Rey dalam delapan musim terakhir.