Real Madrid Sudah Balik Modal Ongkos Transfer Zidane

Real Madrid sudah balik modal untuk ongkos transfer datangkan Zinedine Zidane 16 tahun silam. Berapa?

Zinedine ZIdane
Zinedine ZIdane

Selama satu setengah tahun terakhir ini, pelatih Real Madrid Zinedine Zidane sudah memberi Los Blancos lebih banyak uang daripada ongkos transfernya 16 tahun silam.

Klub raksasa Spanyol itu mendatangkan Zidane dari Juventus pada tahun 2001 dengan dengan duit setara 75 juta euro (Rp 1,19 Trilyun), sementara saat ini dia telah memberi klub uang sebanyak 109,4 juta euro (Rp 1,74 Trilyun) hanya dalam waktu 18 bulan masa karirnya sebagai pelatih di Estadio Santiago Bernabeu.

Penghasilan datang terutama dari kemenangan demi kemenangan di Liga Champions, karena federasi sepak bola Spanyol tidak secara langsung menawarkan keuntungan finansial untuk kesuksesan menjadi juara La Liga.

Selama masa tugas si pelatih Prancis di Liga Champions musim 2015/16, klub tersebut meraih 29,5 juta Euro (Rp 469,4 Milyar), sementara setelah seluruh musim kompetisi Eropa musim lalu, klub tersebut membawa pulang 54,2 juta (Rp 862 Milyar), dengan mempertimbangkan kemenangan Piala Super UEFA mereka atas Manchester United, dan uang dari Piala Dunia Klub.

Musim ini, Zidane bisa membawa pendapatan tersebut meningkat hingga dua kali lipat dari biaya yang dibayarkan kepadanya. Dia telah membuktikan dalam karir kepelatihannya, seperti yang dia lakukan di hari-hari bermainnya, bahwa dia setimpal dengan uang yang dikeluarkan klub untuk menandatanganinya dari Juventus 16 tahun silam.

Sebagai pemain di level klub, Zidane memenangkan gelar La Liga dan Liga Champions bersama Real Madrid, dua gelar juara Serie A bersama Juventus dan Piala Interkontinental serta Piala Super UEFA masing-masing bersama dengan kedua tim tersebut di atas. Gol pemenangan melalui tendangan voli kaki kirinya di Final Liga Champons tahun 2002 dianggap sebagai salah satu gol terbesar dalam sejarah kompetisi ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here