Ronald Koeman Bersedia Latih Barcelona, Ini Syaratnya!

Ronald Koeman punya hubungan dekat dengan Barcelona. Mantan gelandang bertahan Blaugrana di era 1989-1995 itupun pernah ungkapkan impiannya untuk jadi pelatih di Camp Nou. Tapi, ini syarat yang diungkapkan pelatih asal Belanda tersebut.

Ronald Koeman punya hubungan dekat dengan Barcelona. Mantan gelandang bertahan Blaugrana di era 1989-1995 itupun pernah ungkapkan impiannya untuk jadi pelatih di Camp Nou. Tapi, ini syarat yang diungkapkan pelatih asal Belanda tersebut.

Berita Bola, Liga Spanyol – Nama Ronald Koeman sempat disebut-sebut ada dalam daftar kandidat pelatih Barcelona musim depan. Kini, Koeman menyanggupinya. Tapi, syaratnya, ia ingin membawa Everton berlaga di ajang Liga Champions lebih dulu.

Mantan punggawa Timnas Belanda itu pernah enam tahun merumput di Camp Nou. Ia juga tercatat berhasil membawa raksasa Catalan itu menang atas Sampdoria di final European Cup (kini Liga Champions) tahun 1992 silam.

“Semua orang tahu, saya dari Barca, mereka tahu saya cinta klub itu, klub di mana saya tumbuh sebagai seorang pribadi dan pesepakbola,” tandas Koeman dalam surat kabar  terbitan Catalan, Sport.

“Dalam hidup saya sebagai seorang pelatih profesional, saya punya dua mimpi yang ingin saya wujudkan. Pertama, jadi pelatih di negara asal saya, Belanda. Dan, mimpi saya yang lainnya, adalah jadi pelatih Barcelona suatu hari nanti. Itulah yang saya impikan,” tambah Koeman.

Koeman, 54, saat ini santer dikabarkan akan gantikan Luis Enrique yang akan mundur dari jabatannya sebagai pelatih Barcelona pada akhir musim ini. Tapi, saat ini Koeman masih terikat kontrak tiga tahun di Goodison Park – di mana ia baru menjalani musim perdananya bersama the Toffees.

Koeman mengaku, ia harus selesaikan tugasnya lebih dulu di Merseyside, sebelum bekerja bersama Barcelona atau tim nasional Belanda. “Dalam sepakbola, seperti sebuah kehidupan atau bisnis, semuanya harus dibicarakan dan didiskusikan lebih dulu. Saya sekarang terikat dengan Everton. Kami punya proyek yang menyenangkan dan sangat kuat, dan kami akan melakukan upaya terbaik agar tim kami bisa bermain di Liga Champions,” tegas Koeman.

Sebenarnya, Barca punya beberapa kandidat pelatih. Selain Koeman, ada Ernesto Valverde, asisten manajer Juan Carlos Unzu dan Laurent Blanc yang belakangan dikabarkan sudah lakukan pembicaraan dengan pengurus Barcelona. Namun, pelatih Bilbao, Valverde, juga disebut-sebut jadi favorit selain Koeman dan Blanc.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here