Ternyata Paling Rugi Itu Nonton Liga Spanyol

1308

Adubola.com – Nonton Liga Spanyol ternyata paling rugi karena menit mainnya paling sedikit dibandingkan liga elit Eropa lainnya. Nomor satu bukan Liga Inggris. Coba tebak.

Liga Spanyol  - Ternyata Paling Rugi Itu Nonton Liga Spanyol

Adubola.com – Nonton Liga Spanyol ternyata paling rugi karena menit mainnya paling sedikit dibandingkan liga elit Eropa lainnya. Nomor satu bukan Liga Inggris. Coba tebak.

Sepak bola kita tahu tak pernah berputar selama 90 menit penuh sebagai akibat dari banyaknya offside, bola out, pelanggaran, pagar manusia, protes wasit, dan sebagainya.

Sebuah peneltian baru-baru ini menemukan bahwa lama waktu laga sesungguhnya Liga Spanyol rata-rata hanya 54 menit saja, yang secara total terendah dari semua liga-liga top Eropa.

Dengan 57 menit, penggemar Serie A di Italia menikmati sepak bola aktif terpanjang musim lalu, sementara Bundesliga Jerman, Ligue 1 Prancis dan Liga Inggris juga jauh di atas Spanyol dalam hal panjang waktu menit bermain mereka itu.

Analisis dilakukan oleh Colin Trainor dan mendukung laporan Marca tahun lalu di mana panjang sebenarnya dari pertandingan LaLiga itu ditemukan sangat rendah, hanya di kisaran 48 menit saja.

Salah satu aspek yang paling menarik dari studi ini adalah kenyataan bahwa sebagian besar liga berada di sekitar batas 54 menit tujuh musim lalu, tapi divisi lain telah mengambil langkah-langkah perbaikan, sementara pada saat yang sama Liga Spanyol malah semakin turun dan turun waktu permainannya sebelum naik kembali ke titik awal 54 menit.

Ada sejumlah penjelasan mengaka angka menit permainan aktif ini menjadi begitu jauh dari 90 menit yang ditampilkan di papan skor. Jumlah pelanggaran di Liga Spanyol lebih tinggi daripada liga-liga lain. Itu menjadi salah satu faktor, bersama dengan jeda yang terjadi untuk protes-protes terkait pelanggaran tadi dan menyusun tembok pertahanan manusia, yang diselingi protes lawan dan koreksi dari wasit.

Selanjutnya, perpanjangan waktu (injury time) di Spanyol juga berkontribusi, dengan babak pertama sering selesai tepat pada menit 45 tak peduli ada habis waktu untuk pelanggaran atau hal-hal lainnya. Sementara penambahan waktu di babak kedua standar hanya tiga menit, jauh lebih sedikit daripada yang dialami di seluruh Eropa.

Jadi kalau tak mau rugi, nontonlah Liga Italia. Di urutan kedua Ligue 1 Prancis, baru menyusul Liga Inggris dan Liga Jerman, dan seperti terlihat di grafis di bawah, berdiri sendirian di urutan terbawah adalah Liga Spanyol.

Liga Spanyol  - Ternyata Paling Rugi Itu Nonton Liga Spanyol