Xavi Hernandez Sindir Barcelona

258

Pengembangan akademi junior FC Barcelona mengalami kemunduran jika dibandingkan Real Madrid dengan banyaknya pemain muda yang hengkang.

Liga Spanyol  - Xavi Hernandez Sindir Barcelona

Mantan gelandang FC Barcelona Xavi Hernandez mengharapkan Ernesto Valverde memberikan kepercayaan penuh kepada pemain-pemain akademi klub.

Hal ini disampaikannya setelah sejumlah pemain muda akademi memilih hengkang setelah tidak kunjung dipercaya masuk skuad pertama tim.

Akhir-akhir ini Blaugrana dikritik karena banyak melepas pemain-pemain akademi, seperti Adama Traore, Eric Garcia, Jordi Mboula, Mateu Morey, dan lainnya.

Tidak heran jika Pedro Rodriguez merasa kesal Barca jarang memasukkan pemain akademi ke tim utama, berbeda dengan Real Madrid yang saat ini gencar memakai pemain-pemain La Fabrica.

Padahal Barcelona selalu identik dengan pemain akademi saat ditangani oleh Pep Guardiola, yang mempercayakan pemain-pemain seperti Andres Iniesta, Sergio Busquets, Victor Valdes, Lionel Messi, Gerard Pique dan lainnya.

Terakhir Barca memboyong pulang Gerard Deulofeu dari Everton namun urung membeli kembali Hector Bellerin karena banderol yang dipatok Arsenal terlalu tinggi. Kasus Bellerin ini menimbulkan kekhawatiran kian banyak pemain akademi yang hengkang dengan harapan bisa dibeli kembali suatu saat nanti.

Kini pengembangan akademi muda dipegang oleh duo eks The Dream Team besutan Johan Cruyff dahulu, Guillermo Amor dan Jose Mari Bakero.

Menanggapi hal tersebut, Xavi Hernandez terang-terangan mengaku Azulgrana berada dalam periode hibernasi dengan kebijakan yang berlangsung saat ini, yang memprioritaskan pemain-pemain non La Masia.

Oleh karenanya, eks punggawa tim nasional Spanyol itu meminta Barca untuk meningkatkan penggunaan pemain akademi dan memegang kukuh gaya permainannya.

Menurutnya, pesepak bola akademi harus belajar gaya permainan yang sedang ada sehingga dapat dengan mudah beradaptasi kala dipanggil ke tim utama.

Bagi Xavi, penunjukkan Ernesto Valverde akan membuat gaya permainan Barca kembali seperti semula karena sudah melakoninya kala aktif sebagai pemain dahulu.