Mantan Barcelona Jadi Pahlawan Man City Tadi Malam

Perkenalkan pahlawan kemenangan Manchester City di EFL Cup tadi malam. Usianya sudah 34 tahun, mantan Barcelona. Siapa?

Claudio Bravo, Hasil Manchester City vs Wolves
Claudio Bravo, Hasil Manchester City vs Wolves

Claudio Bravo adalah pahlawan Manchester City saat mereka mengalahkan Wolves melalui adu penalti untuk mencapai perempat final EFL Cup.

Bravo, yang membuat tiga penyelamatan kunci melawan pemimpin divisi Championship itu selama 90 menit waktu normal, melanjutkan aksi kepahlawanannya untuk meredam tembakan Alfred N’Diaye dan Conor Coady dalam adu penalti setelah extra time usai tanpa gol.

City mencetak keempat tendangan penalti mereka, dengan Sergio Aguero dengan dingin menyegel kemenangan melalui sebuah penalti gaya Panenka.

Kekalahan itu terasa sangat kejam untuk Wolves yang telah menjadi tim pertama yang berhasil menghentikan raja gol Premier League musim ini tersebut selama 90  menit waktu normal, plus extra time.

Didukung oleh raungan lebih dari 6.000 penggemar tim tandang, Wolves tidak hanya membuat frustrasi City dalam waktu lama, mereka menciptakan sejumlah peluang terbaik dalam permainan terbuka.

Tapi Bravo datang menyelamatkan timnya pada tiga kesempatan dalam situasi satu lawan satu, menyangkal Helder Costa di antara dua penyelamatan Bright Enobakhare.

“Musim lalu tidak mudah bagi Bravo, tapi dia adalah kiper berkualitas tinggi. Dia pantas mendapat performa seperti itu,” kata bos Man City, Pep Guardiola.

Wolves, yang unggul dua poin di puncak klasemen divisi Championship, telah tampil mengesankan dengan gaya sepak bola mereka yang mengalir bebas, namun sebagian besar kesuksesan mereka dibangun dari lini belakang.

Sebelum sampai di Stadion Etihad, tim asuhan Nuno Espirito Santo hanya kebobolan 13 gol dalam 16 pertandingan musim ini dan mereka mendemonstrasikan hal itu dengan tampilan defensif yang cemerlang.

Gaya bermain Wolves di Manchester tadi malam adalah menaruh semua pemain mereka di setengah lapangan mereka sendiri dan di belakang bola, tapi saat mereka melakukan serangan balik, mereka melakukannya dengan penuh ancaman.

Meski dikalahkan oleh dominasi City, Wolves mendapat kesempatan terbaik pada babak pertama saat Enobakhare mencuri bola dari Eliaquim Mangala dan bergerak ke depan gawang, hanya untuk melihat Bravo menyelamatkan tembakannya dengan kakinya.

Bravo harus buru-buru bangkit dari barisannya lagi untuk menolak Costa setelah jeda dan berhasil menyelamatkannya lagi di masa injury time saat Enobakhare berlari kencang tapi sekali lagi gagal mengalahkannya.

Kemenangan tadi malam di Stadion Etihad bisa terbukti sangat mahal bagi City. Pemain tengah Ilkay Gundogan menyelesaikan laga selama 120 menit namun Guardiola mengungkapkan setelah itu bahwa sang pemain Jerman itu “punya beberapa masalah”.

“Saya tidak tahu seberapa serius – kita akan lihat besok,” tambah Pep Guardiola dalam konferensi pers usai pertandingan EFL Cup tadi malam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here