Ini Cara Rusia Bendung Hooliganisme di Piala Dunia 2018

39

Adubola.com – Pengamanan Piala Dunia Rusia 2018 mendatang bakal diperketat. Kini, bukan cuma peliput yang dibekali tanda pengenal. Tapi, para penonton di dalam stadion pun akan dilengkapi ID Card.

Piala Dunia  - Ini Cara Rusia Bendung Hooliganisme di Piala Dunia 2018

Adubola.com – Pengamanan Piala Dunia Rusia 2018 mendatang bakal diperketat. Kini, bukan cuma peliput yang dibekali tanda pengenal. Tapi, para penonton di dalam stadion pun akan dilengkapi ID Card.

Nantinya, fans akan memerlukan kartu identitas khusus untuk bisa datang ke berbagai pertandingan di Piala Dunia 2018 dan Piala Konfederasi yang akan digelar di Rusia pada musim panas ini. Hal itu dilakukan sebagai langkah untuk perangi hooliganisme sepakbola.

Sebagai tuan rumah, Rusia bertekad kekerasan antara suporter timnya dan Inggris yang pernah terjadi di Marseille saat Euro 2016 lalu, tidak terjadi lagi. Sebuah dokumenter BBC pada bulan lalu ungkapkan, bagaimana rencana menyulitkan itu akan diberlakukan di Piala Dunia tahun depan.

Rusia akan berlakukan tanda pengenal kepada semua orang yang hadir di stadion, yang bahkan bisa sekaligus berlaku sebagai visa untuk memasuki negara tersebut. “Apa yang bisa kita yakini, ini akan jadi festival sepakbola dan tidak ada tempat seperti ini yang tidak akan didatangi para pecinta sepakbola. Mereka semua ingin mendukung permainan tim kesayangannya masing-masing,” ujar direktur kompetisi FIFA, Collin Smith, saat mengunjungi sejumlah venue yang akan jadi lokasi pertandingan di Rusia, Kamis (2/3) waktu setempat.

Rusia sebelumnya pernah didenda dan didiskualifikasi, setelah fans mereka terlibat dalam kekerasan selama Euro 2016 di Prancis tahun lalu.

Sementara Presiden FIFA, Gianni Infantino, sebelumnya mengatakan ‘sama sekali tidak peduli’ dengan ancaman hooliganisme di turnamen Piala Dunia tahun depan.

Sementara, Rusia juga akan menggelar event Piala Konfederasi yang akan dimulai pada Juni mendatang, dan akan digelar di empat dari 11 kota yang akan jadi tuan rumah Piala Dunia di Rusia. Delapan tim akan bertanding, termasuk tuan rumah Rusia dan juara Piala Dunia Jerman.

LEAVE A REPLY