Dick Advocaat Sukses di Laga Perdana, dan Hasil Lainnya

Dick Advocaat raih kemenangan besar di laga perdananya bersama Timnas Belanda, dengan kalahkan Luksemburg, 5-0, di kualifikasi Grup A Piala Dunia 2018, Sabtu (10/6) dinihari. Tentunya, hasil ini akan tingkatkan peluang Belanda di kualifikasi Piala Dunia 2018.

Berita Internasional – Dick Advocaat yang juga mantan bos Sunderland itu baru saja memulai periode ketiganya sebagai bos Timnas Belanda. Arjen Robben dan kawan-kawan bermain apik dalam laga ini, dan berhasil membantai tim lemah Luksembourg lima gol tanpa balas.

Gol kemenangan Belanda dibukukan gelandang veteran mereka, Arjen Robben, saat pertandingan berjalan 21 menit. Skor ini kemudian digandakan gelandang Galatasaray, Wesley Sneijder, di menit 34. Di laga ini, mantan pemain Inter Milan itu juga rayakan caps-nya yang ke-131 untuk Timnas Belanda.

Setelah menutup laga di babak pertama dengan keunggulan 2-0, anak asuh Dick Advocaat kembali tampil menekan di babak ke dua. Hingga akhirnya, Belanda berhasil menambah keunggulannya lewat gol Georginio Wijnaldum di menit 62.

Hanya terpaut delapan menit kemudian, tepatnya di menit 70, Quincy Promes yang gantikan Memphis Depay di menit 66, berhasil menjebol gawang Luksembourg yang dijaga kiper Ralph Schon hanya empat menit setelah ia masuk ke lapangan.

Terakhir, striker asal Tottenham Hotspur, Vincent Janssen, menambah pundi-pundi gol Belanda lewat eksekusi penaltinya enam menit sebelum laga usai. Pertandingan pun ditutup dengan skor telak 5-0 untuk Belanda. Namun, kemenangan besar ini tak mengubah posisi Belanda di papan klasemen Grup A, di mana Belanda tetap bertengger di posisi tiga.

Piala Dunia  - Dick Advocaat Sukses di Laga Perdana, dan Hasil Lainnya

Padahal, hanya juara grup saja yang dijamin lolos ke putaran final Piala Dunia di musim panas tahun depan di Rusia.  Sedangkan delapan tim di urutan kedua terbaik harus bersaing lebih dulu di babak playoff.

Di Grup A, saat ini Swedia masih bertengger di peringkat teratas Grup A. Swedia berhasil menggeser Prancis setelah menang 2-1 atas Les Bleus lewat gol di pengujung  laga yang dibukukan Ola Toivonen. Saat ini, baik Swedia dan Prancis sama-sama kantongi poin 13. Namun, Swedia unggul selisih gol dibandingkan tuan rumah Piala Eropa 2016 itu.

Dalam laga tersebut, striker Arsenal Olivier Giroud sebenarnya berhasil membawa Prancis unggul lebih dulu lewat tendangan kaki kirinya di menit 37. Namun, hanya enam menit kemudian, Swedia berhasil samakan kedudukan lewat aksi Jimmy Durmaz.

Mantan penyerang Sunderland, Ola Toivonen, kemudian mencetak gol kemenangan Swedia di masa injury 90+3. Toivonen berhasil menyambar bola dan melesakkannya ke gawang Prancis, walau sebelumnya berhasil ditepis kiper Tottenham Hotspur, Hugo Lloris.

Jika Swedia berhasil melaju ke putaran final Piala Dunia 2018, maka ini akan jadi momen pertama sejak tahun 2006 lalu. Tentunya ini akan sangat menggembirakan bagi Swedia, yang tak lagi diperkuat striker andalannya, Zlatan Ibrahimovic.

Berikut ini hasil Kualifikasi Piala Dunia 2018/Rusia zona UEFA, Sabtu (10/6) dinihari:

Grup A

Belarusia 2 – 1 Bulgaria
Belanda 5 – 0 Luksembourg
Swedia 2 – 1 Prancis

Grup B

Andorra 1 – 0 Hongaria
Kepulauan Faroe 0 – 2 Swiss
Latvia 0 – 3 Portugal

Grup H

Bosnia-Herzegovina 0 – 0 Yunani
Estonia 0 – 2 Belgia
Gibraltar 1 – 2 Siprus

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here