FA Dukung Rencana Kontroversial FIFA di Piala Dunia

Pimpinan sepakbola Inggris berencana mendukung rencana kontroversial FIFA untuk menambah peserta Piala Dunia jadi 48 tim.

Gianni Infantino

Pimpinan sepakbola Inggris berencana mendukung rencana kontroversial FIFA untuk menambah peserta Piala Dunia jadi 48 tim.

Piala Dunia  - FA Dukung Rencana Kontroversial FIFA di Piala Dunia

Adubola.com – Asosiasi Sepakbola Inggris (FA) dan beberapa negara lainnya mendukung proposal soal gelaran Piala Dunia mendatang.

Dalam usulan yang diajukan Eropa, disebutkan akan ada penambahan dari 14 spot final di Piala Dunia saat ini. Hal itu berpotensi diberlakukan mulai Piala Dunia 2026 mendatang.

Dewan kehormatan di FIFA sendiri, diperkirakan akan memberikan lampu hijau untuk penambahan peserta di ajang World Cup, dari 32 tim yang akan menggelar pertemuan di Zurich, Swiss, pekan depan.

Rencana akan diberlakukan format 16 grup dari tiga persatuan negara-negara, dengan dua tim teratas di tiap grup akan maju ke babak 32 besar, hingga total akan digelar 80 pertandingan.

Usulan penambahan peserta Piala Dunia ini sebelumnya diajukan presiden FIFA, Gianni Infantino, yang saat kampanye lalu ‘hanya’ mengusulkan 40 negara. Terakhir, usai dirinya terpilih, Infantino menambahnya menjadi 48 negara.

Dalam usulan itu disebutkan, nantinya ada format yang akan membuat 16 negara peserta pulang lebih cepat dengan hanya satu pertandingan saja. Sisanya, akan melaju dengan kompetisi yang berlangsung seperti saat ini, yakni melewati fase grup yang berisi 32 tim, lalu diikuti fase gugur.

Adapun keputusan akhir ini telah diambil FIFA pada Januari 2016, dan seluruh keputusan akhirnya akan ditentukan pada tahun 2017 ini.

Infantino mengaku, usulannya sendiri adalah agar turnamen ini punya satu fase gugur pendahuluan yang akan diikuti 32 tim, dan bermain di negara tuan rumah. Dari ke-32 tim ini, nantinya akan hadir 16 tim pemenang yang lolos ke fase grup.

Dengan demikian, turnamen akan kembali ke gelaran Piala Dunia yang normal untuk 32 tim, tapi mengikutsertakan 48 tim yang bisa ikut dalam pesta sepakbola dunia tersebut. Diungkapkan Infantino beberapa waktu lalu, ini merupakan ide FIFA untuk kembangkan sepakbola di seluruh dunia di mana Piala Dunia akan jadi momen terbesarnya.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here