Islandia 335.000 Penduduk Lolos Piala Dunia, Indonesia 261 Juta ke Mana?

Islandia, negara mini dengan 335.000 penduduk, berhasil lolos ke Piala Dunia 2018. Indonesia yang 261 juta belum terdengar kiprahnya.

Timnas Islandia lolos ke Piala Dunia 2018
Timnas Islandia lolos ke Piala Dunia 2018

Islandia menjadi negara terkecil yang pernah lolos ke Piala Dunia setelah mengalahkan Kosovo tadi malam untuk memuncaki grup kualifikasi mereka untuk Rusia 2018.

Perempat finalis Euro 2016 itu, yang mengalahkan Inggris pada babak 16 besar turnamen tersebut, berpenduduk sekitar 335.000 orang saja. Sekedar perbandingan, penduduk di Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur adalah 317.862 orang. Jadi negara di ujung barat laut Eropa ini setara sebuah kecamatan di Jakarta saja.

Islandia sejauh ini adalah satu-satunya negara yang berhasil lolos ke ajang kompetisi Piala Dunia dengan populasi penduduknya kurang dari satu juta.

Pemain Everton Gylfi Sigurdsson dan Burnley Johann Gudmundsson mencetak gol pada laga Senin malam waktu setempat.

Sigurdsson berhasil memberi hasil yang rapi tepat sebelum babak pertama dan kemudian berbalik menjadi penyedia assist ke arah Gudmundsson untuk memastikan kemenangan dengan tendangan jarak dekat.

Islandia telah memenangkan tujuh dari 10 pertandingan Grup I mereka di kualifikasi Piala Dunia.

Pelatih Islandia Heimir Hallgrimsson sebelum ini sangat khawatir pemainnya akan kesulitan memotivasi diri mereka sendiri untuk satu petualangan kualifikasi lainnya setelah prestasi mereka di Euro 2016 di Prancis, di mana mereka lolos sampai babak perempat final.

“Bir pertama setelah pesta bukan yang terbaik,” katanya. “Hal yang paling sulit adalah pergi berjuang lagi setelah pesta besar kami di Prancis.”

“Dan terlebih lagi kita berada dalam sebuah kelompok yang diperebutkan antara Kroasia, Turki, Ukraina dan Finlandia. Mereka tampil jauh lebih baik daripada posisi mereka dalam grup tersebut.”

“Keberhasilan bukanlah tujuan itu sendiri tapi menempuh perjalanan jauh menuju tujuan akhir.”

Piala Dunia  - Islandia 335.000 Penduduk Lolos Piala Dunia, Indonesia 261 Juta ke Mana?
Grup I zona Eropa, Islandia, Kroasia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here