Italia Gagal Lolos, Rekor-rekor Ini Batal Terjadi

Ada sejumlah rekor yang batal terjadi saat Italia gagal lolos ke Piala Dunia 2018 usai main imbang lawan Swedia, tadi malam.

Leonardo Bonucci, Gianluigi Buffon, Timnas Italia
Leonardo Bonucci, Gianluigi Buffon, Timnas Italia

Italia gagal lolos ke putaran final Piala Dunia untuk pertama kalinya dalam 60 tahun terakhir setelah kalah agregat 0-1 di babak play-off oleh Swedia.

Tidak akan ada Azzurri di Rusia tahun depan. Itu sudah pasti. Dan tidak akan ada putaran final keenam untuk kapten dan kiper Gianluigi Buffon, yang tadi malam mencatatkan caps ke-175 bersama timnas Italia. Laga tadi malam mungkin akan menjadi penampilan internasional terakhirnya.

Namun akan ada sebuah penyelidikan untuk mengetahui apa yang salah dari tim nasional mereka, dan manajer Gian Piero Ventura, yang menggantikan Antonio Conte setelah Euro 2016, diperkirakan akan menanggung sebagian besar kesalahannya. Nasibnya akan ditentukan dalam beberapa hari mendatang.

Setelah menempati posisi kedua dalam sebuah grup kualifikasi yang dimenangkan oleh Spanyol, skuad Italia kehilangan leg pertama play-off mereka di Stockholm, beberapa hari lalu.

Mereka menghasilkan penampilan yang membaik pada Selasa dinihari WIB di Milan dan melemparkan semua pemain yang mereka miliki ke setengah lapangan Swedia. Meski mendominasi kepemilikan bola tapi Alessandro Florenzi dan Ciro Immobile tidak bisa menembus lawan yang terorganisir.

Swedia, setelah merampas tiket Belanda ke putaran final di Rusia, malam tadi bermain bertahan untuk mempertahankan keunggulan agregat satu gol dan mengklaim satu lagi laga sangat penting mereka.

Piala Dunia  - Italia Gagal Lolos, Rekor-rekor Ini Batal Terjadi
Ciro Immobile, Hasil Italia vs Swedia

Italia belum pernah absen di putaran final Piala Dunia sejak tahun 1958 saat mereka berada di posisi kedua dalam grup kualifikasi yang terdiri dari tiga tim yang dimenangkan oleh Irlandia Utara.

Irlandia mengalahkan Azzurri 2-1 di kualifikasi akhir di Belfast, sebuah pertandingan yang telah dijadwalkan untuk bulan sebelumnya namun tidak dapat terjadi karena wasit asal Hungaria terdampar di London akibat kabut.

Kali ini Swedia-lah yang menyebabkan masalah bagi Italia dengan penampilan defensif mereka yang keras kepala dan menolak untuk menyerah di bawah tekanan terus-menerus dari skuad tuan rumah.

Satu serangan dari Jakob Johansson yang terpantulkan menyelesaikan pertandingan pertama di Stockholm dan, di Milan, ketegangan yang dihasilkan oleh hasil itu sudah jelas sejak awal. Namun terbukti tidak ada penyelesaian kreatif oleh skuad Italia, dan kini mereka boleh menangisi kegagalan lolos pertama kalinya dalam 60 tahun terakhir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here