Italia: Ganteng-ganteng Tapi Masa Depan Suram

Italia menjadi satu-satunya negara elit Eropa yang belum pasti lolos ke Piala Dunia 2018 di Rusia. Cek daftar selengkapnya.

Timnas Italia, Kualifikasi Piala Dunia
Timnas Italia, Kualifikasi Piala Dunia

Tim Eropa yang sudah pasti lolos ke Piala Dunia sejauh ini adalah Prancis, Portugal, Jerman, Serbia, Polandia, Inggris, Spanyol, Belgia dan Islandia. Mereka lolos karena menempati puncak klasemen masing-masing.

Ada empat tempat lagi jatah Eropa yang bisa diperebutkan. Empat jatah ini akan diperebutkan oleh delapan negara. Mereka adalah Swedia, Swiss, Irlandia Utara, Republik Irlandia, Denmark, Italia, Yunani dan Kroasia. Kedelapan tim nasional ini akan memainkan play-off dua leg.

Empat tim akan diunggulkan, dan nama-nama siapa ketemu siapa akan dikonfirmasi saat ranking FIFA berikutnya diumumkan pekan depan. Sekaligus pada waktu itu akan dilakukan drawing untuk menentukan lawan masing-masing.

Slovakia, yang berada di bawah Inggris dan di atas Skotlandia di Grup F, adalah negara yang kehilangan play-off karena mereka adalah tim urutan kedua dengan rekor terburuk.

Untuk menentukan urutan kedua klasemen secara fair, maka laga melawan tim paling lemah di grup masing-masing tidak dihitung poinnya. Dan sebagai hasilnya, Slovakia menduduki urutan paling buruk dari semua tim urutan kedua klasemen penyisihan Piala Dunia zona Eropa.

Juara Eropa Portugal mengalahkan Swiss 2-0 di Lisbon untuk finish di puncak Grup B zona Eropa dan mereka berhasil merebut tiket otomatis ke Piala Dunia 2018 di Rusia.

Hasil imbang atau kekalahan akan membuat Portugal menjalani babak play-off tapi gol bunuh diri dari Johan Djourou dan satu gol lagi dari Andre Silva membawa Portugal lolos.

Prancis mengalahkan Belarusia 2-1 untuk memenangkan Grup A, dengan Swedia berada di urutan kedua meski kalah 2-0 dari Belanda. Tim Oranje, yang finish ketiga di Piala Dunia 2014, tersingkir.

Mereka membutuhkan kemenangan dengan selisih tujuh gol untuk menyingkirkan Swedia dari babak play-off dan mencetak dua gol pada babak pertama melalui Arjen Robben, tapi semua itu tidak cukup.

Di Grup H, Yunani memastikan tempat mereka di babak play-off dengan kemenangan 4-0 atas Gibraltar.

Sementara itu Belgia sudah pasti memenangkan grup tersebut dan mengalahkan Siprus dengan skor 4-0. Pemain Chelsea Eden Hazard mencetak dua gol, dan satu gol lebih lanjut dari saudaranya, Thorgan Hazard, serta satu gol dari striker Manchester United Romelu Lukaku.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here