Korea Utara Berpeluang Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2030

Korea Utara berpeluang jadi tuan rumah Piala Dunia 2030, setelah pihak Korea Selatan secara mengejutkan meminta digelarnya turnamen ini di dunia negara. Demikian keterangan yang diungkapkan presiden Fifa, Gianni Infantino.

Berita Piala Dunia РGianni Infantino ungkapkan,  gagasan tersebut bisa mendorong terciptanya hubungan yang lebih damai di Asia timur laut yang selama ini bermasalah. Namun, diakuinya, usulan pihak Korsel itu memang cukup mengejutkan.

Korut telah diusulkan untuk ikut jadi tuan rumah Piala Dunia, setelah tetangganya, Korsel, mendapat peluang untuk menggelar event empat tahunan tersebut. Berita ini mengemuka setelah Presiden baru Korsel, Moon Jae-in, mengatakan negaranya bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030 bersama-sama dengan tetangga mereka yang selama ini tertutup.

Setelah Korsel berhasil menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 FIFA – yang dimenangkan Inggris, Moon Jae-in ungkapkan gagasan tersebut kepada rekannya dari FIFA, Gianni Infantino. Moon katakan pada Infantino, gagasan ini diharapkan bisa mendorong terciptanya hubungan yang lebih damai di wilayah Semenanjung Korea.

Hubungan kedua negara bertetangga itu terus-menerus diwarnai dengan kabar tak mengenakkan akhir-akhir ini, dan wilayah selatan disebut-sebut tak pernah bebas dari ancaman serangan rudal dari wilayah utara. Belum lagi dengan adanya beberapa negara lain yang menambah panas kondisi di wilayah tersebut.

Piala Dunia  - Korea Utara Berpeluang Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2030

Dalam sejarahnya, Korut hanya dua kali lolos ke putaran final Piala Dunia. Mereka melakukannya pertama kali pada tahun 1966 di Inggris, saat Korut berhasil melaju ke perempatfinal. Dan, baru-baru ini di tahun 2010 saat ajang itu digelar di Afrika Selatan, di mana Korut kalah dalam tiga pertandingan di babak grup yang mereka lakoni.

Sejak saat itu Presiden Korea Utara, Kim Jong-un, diberitakan terus ikuti perkembangan sepakbola Italia karena adanya striker asal negaranya, Kwang-Song Han, yang bermain untuk Cagliari di Serie A.

Sementara itu, Infantino rupanya katakan kepada Moon Jae-in bahwa ide dari Korsel itu akan didiskusikan dengan presiden China, Xi Jinping, dalam waktu dekat ini.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here