Lionel Messi, Argentina Bisa Gagal ke Piala Dunia 2018

400

Lionel Messi dan tim nasional Argentina bisa gagal berpartisipasi di Piala Dunia 2018 jika ancaman FIFA untuk membekukan PSSI-nya negeri itu jadi terlaksana.

Piala Dunia  - Lionel Messi, Argentina Bisa Gagal ke Piala Dunia 2018

Adubola.comLionel Messi dan tim nasional Argentina bisa gagal berpartisipasi di Piala Dunia 2018 jika ancaman FIFA untuk membekukan PSSI-nya negeri itu jadi terlaksana.

Asosiasi Sepak Bola Argentina terancam diskors oleh FIFA setelah mengubah satu aturan dalam organisasi. Nasibnya bisa-bisa sama dengan Indonesia setahun silam.

Menurut Reuters, FIFA telah memperingatkan Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA) soal potensi skorsing potensial jika mereka terus maju dengan rencana mereka melakukan pemilihan presiden baru pada akhir Maret 2017.

AFA mengubah statuta organisasi mereka pekan lalu. Mereka menunjuk Badan Pengacara Buenos Aires, dan bukan bukannya induk organisasi mereka, CONMEBOL, sebagai badan pemeriksa untuk pemilihan ketua umumnya pada pemilu mendatang, 29 Maret.

FIFA dan CONMEBOL telah mengatakan dalam sebuah pernyataan bersama bahwa semua asosiasi dari badan sepak bola Amerika Selatan harus memiliki Komite Etika CONMEBOL sebagai otoritas pemeriksanya.

“Kegagalan untuk mematuhi hal ini … bisa mengakibatkan sanksi, salah satu opsinya adalah suspensi untuk AFA,” kata pernyataan itu.

Peringatan itu datang hanya tiga minggu sebelum Argentina menghadapi Chile di laga penting kualifikasi Piala Dunia pada tanggal 23 Maret, sebelum mengunjungi Bolivia lima hari kemudian.

Setelah memenangkan hanya satu dari lima laga kualifikasi untuk Piala Dunia 2018, Albiceleste saat ini duduk di tempat kelima dalam penyisihan grup kualifikasi Amerika Selatan.

Empat tim teratas akan langsung lolos ke turnamen di Rusia, namun tim kelima harus memainkan play-off benua itu, dan Argentina sekarang berisiko diskors untuk pertandingan kualifikasi penting mendatang.

Jika mereka memang akhirnya dijatuhi hukuman oleh FIFA, Kolombia, yang saat ini di tempat keenam, bisa menyalip Argentina. Selain itu partisipasi Lionel Messi di Piala Dunia 2018 akan terancam gagal.

Namun, pertanyaannya adalah, apa memang berani FIFA menjatuhkan sanksi kepada raksasa sepak bola, Argentina? Jika sampai tidak ikut Piala Dunia akibat skorsing FIFA, badan dunia itu sendiri yang akan dirugikan dengan penurunan jumlah penonton televisi dan harga jual hak siar TV.

 

LEAVE A REPLY