Piala Dunia 2026 Diikuti 48 Tim, UEFA Ketiban Untung

137

Adubola.com – UEFA mendapat jatah langsung untuk 16 tim di Piala Dunia 2026 mendatang, setelah FIFA ungkapkan rencana lokasi untuk 48 tim dalam turnamen empat tahunan tersebut.

Piala Dunia  - Piala Dunia 2026 Diikuti 48 Tim, UEFA Ketiban Untung

Adubola.com – UEFA mendapat jatah langsung untuk 16 tim di  Piala Dunia 2026 mendatang, setelah FIFA ungkapkan rencana lokasi untuk 48 tim dalam turnamen empat tahunan tersebut.

Biro Dewan FIFA yang terdiri dari presiden FIFA dan para presiden konfederasi, telah lakukan pertemuan di Kantor FIFA di Zurich, Swiss, Kamis (30/3). Dalam pertemuan itu, mereka membahas mengenai slot alokasi untuk 48 peserta Piala Dunia 2026.

Lalu, Biro Dewan FIFA pun setujui proposal mengenai alokasi ini. Selanjutnya, rekomendasi Biro Dewan FIFA akan diserahkan kepada Dewan FIFA untuk disahkan. Mereka rencananya akan menggelar rapat pada 9 Mei mendatang.

Sebelumnya, pada awal Januari lalu, FIFA putuskan untuk menambah jumlah peserta Piala Dunia menjadi 48 negara mulai Piala Dunia 2026 mendatang. Proposal slot alokasi kemudian dibuat dan kini telah disetujui Biro Dewan FIFA. Adapun pembagian peserta Piala Dunia ini nantinya: AFC (Asia) mendapat delapan jatah langsung, CAF (Afrika) sembilan jatah langsung, CONCACAF (Amerika Utara, Tengah dan Kepulauan Karibia) dengan enam jatah langsung, CONMEBOL (Amerika Selatan) mendapat enam jatah langsung, OFC (Oseania) hanya satu jatah langsung dan UEFA (Eropa) -yang paling banyak, yakni 16 jatah langsung. Kuota untuk UEFA dinyatakan bertambah tiga tempat menjadi 16.

FIFA umumkan alokasi yang diusulkan dari tempat, dan ungkapkan sebanyak enam negara nantinya bisa ikuti babak play-off untuk tentukan dua tempat terakhir.

Rekomendasi ini nantinya akan dibahas dan disetujui pada Mei mendatang. Hal ini disusun setelah Presiden FIFA, Gianni Infantino, berniat untuk menambah jumlah peserta Piala Dunia dari 32 menjadi 48 negara.

“Rekomendasi ini sekarang akan diajukan untuk diratifikasi dewan FIFA, yang pertemuan berikutnya akan digelar pada 9 Mei mendatang di Manama, Bahrain, dua hari sebelum Kongres FIFA ke-67,” demikian pernyataan FIFA.

Satu hal yang tidak akan berubah adalah, tuan rumah masih akan lolos otomatis, di mana tempat mereka diambil dari kuota konfederasi negara yang bersangkutan.

LEAVE A REPLY