Jerman dan Turki Berebut Jadi Host EURO 2024

Adubola.com – Turki dan Jerman bertarung untuk jadi tuan rumah putaran final Kejuaraan Eropa 2024 mendatang. Demikian diungkapkan UEFA.

Adubola.com – Turki dan Jerman bertarung untuk jadi tuan rumah putaran final Kejuaraan Eropa 2024 mendatang. Demikian diungkapkan UEFA.

Dua negara tersebut, yakni Jerman dan Turki, saat ini terus berbenah agar ditunjuk UEFA untuk jadi tuan rumah ajang empat tahunan tersebut.

Adapun hanya dua kandidatnya, dikarenakan hanya kedua negara inilah yang serahkan deklarasi ketertarikan mereka untuk jadi tuan rumah Piala Eropa 2024, sebelum batas waktu yang ditetapkan UEFA pada 3 Maret lalu.

Sementara Denmark, Norwegia, Swedia dan Finlandia yang juga ditawari UEFA untuk jadi kandidat tuan rumah, tidak mendaftarkan diri sesuatu tenggat waktu tersebut.

Selanjutnya, dua federasi itu harus serahkan berkas tawaran pada April 2018, yang kemudian akan diteliti dan pemenangnya akan diumumkan pada September mendatang.

“Sudah jelas, akan ada dua tawaran bagus untuk gelaran kompetisi tim nasional di Eropa itu, dan itu akan jadi keputusan yang sulit yang harus kami tentukan,” tandas Sekjen UEFA, Theodore Theodoridis, seperti dilansir BBC.

Rencananya, turnamen itu akan kembali digelar dengan format satu tuan rumah, setelah pada gelaran EURO 2020 mendatang akan digelar di sekitar 13 kota di seluruh Eropa.

Sebelumnya, Jerman -tepatnya Jerman Barat- punya banyak pengalaman menjadi tuan rumah sejumlah gelaran sepakbola dunia. Pada tahun 1974, Jerman Barat jadi penyelenggara Piala Dunia 1974 dan Kejuaraan Eropa 1988. Lalu, setelah Jerman bersatu, mereka juga jadi tuan rumah Piala Dunia 2006.

“Dengan pengalaman kami, infrastruktur stadion kami dan kondisi di Jerman, kami bisa mendukung secara ekonomi turnamen papan atas,” ujar presiden Federasi Sepakbola Jerman (DFB), Reinhard Grindel.

Sementara Turki, sampai saat ini belum pernah menjadi tuan rumah sebuah turnamen besar, setelah mereka dinilai tidak berhasil menyelenggarakan EURO 2008 bersama Yunani, dan di tahun 2012 lalu.

Ketua Federasi Sepakbola Turki, Yildirim Demiroren, berharap kali ini Turki mendapat keberuntungan ke tiga. “Setelah beberapa tahun, sekitar 32 stadion baru sudah dibangun, begitu juga infrastruktur penunjang di seluruh negeri,” ujar Demiroren.

“Dengan investasi yang besar, Turki terbukti jadi salah satu negara di dunia yang berkomitmen pada pembangunan infrastruktur sepakbola,” tambahnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here